SuperBunda

Tips Bunda

Bagaimana Cara Menhadapi Anak yang Keras Kepala?

08 April by Super User
30
( 0 Votes ) 
Bagaimana Cara Menhadapi Anak yang Keras Kepala?

Menghadapi anak yang keras kepala bukanlah dengan cara marah-marah atau membentak, melainkan dengan memberikan perhatian dan kesabaran. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Bunda lakukan jika anak keras kepala:

1. Dengarkan kemauannya
Anak bisa menjadi keras kepala jika mereka merasa tak didengar pendapatnya. Cobalah dekati anak dan dengarkan apa yang ia mau. Ini akan membuatnya lebih tenang karena merasa pendapatnya didengar.

2. Jangan memaksa 
Jika anak tidak mau berhenti menonton TV dan menolak tidur, alih-alih memaksanya lebih baik berikan anak beberapa pilihan. Alihkan perhatian anak dengan membiarkannya memilih buku cerita mana yang ingin didongengkan sebelum tidur.

3. Besikap tenang dan sabar 
Kalau Bunda cenderung marah-marah atau membentak, sikap tersebut justru bisa membuat anak semakin melawan dan keras kepala.

4. Ajak anak bekerja sama
Ketimbang menyuruh anak melakukan suatu hal, lebih baik mengajak anak bekerja sama. Gunakan kata-kata “ayo kita lakukan bersama” untuk berperan sebagai teman dan membuatnya nyaman.

5. Berdiskusi
Jika anak tidak mau tidur walaupun Bunda sudah memintanya dengan baik-baik, tanyakan padanya kapan ia mau tidur beserta alasannya. Kemudian, Bunda bisa berdiskusi untuk menentukan jam tidur yang cocok untuk anak.

Thanks for sharing !

Add comment


Security code
Refresh

latest post