SuperBunda

Tips Bunda

Memilih Gadget atau Bermain diluar?

17 October by Super User
3425
( 0 Votes ) 
Memilih Gadget atau Bermain diluar?

Beragam hiburan yang hadir dalam bentuk teknologi seperti tablet, smartphone, video game, dan lain-lain seperti dihidangkan untuk putra-putri kita. Menurut ahli Psikologi keluarga, kebiasaan bermain gadget bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak.



Kebiasaan mengkonsumsi gadget terlalu banyak bukan saja dapat mempengaruhi fisik si anak melainkan juga perilakunya. Anak yang terbiasa bermain gadget berlebih mempunyai struktur tulang tidak tumbuh dengan baik akibat sering menunduk. Dia juga lebih emosionil dan individual dikarenakan kebiasaan tersebut. Pola main yang terbentuk akibat gadget akan mempengaruhi referensi pada saat anak tumbuh dewasa, anak akan tidak tertarik dengan aktifitas fisik seperti olahraga, dan anak akan tidak nyaman/sedapat mungkin akan menghindari dari aktifitas luar ruang karna alasan panas/keringat atau malas.

Padahal, aktifitas luar ruang sangat berguna bagi perkembangan fisik dan emosi anak. Bergaya hidup sehat dan aktif mampu mengeluarkan energi positif dan memicu prestasi anak dalam bidang olahraga maupun akademis.

Membiasakan anak aktif bergerak memang harus dimulai sejak masih kecil. Kita sebagai orantuanya pun harus memberikan contoh kepada si anak untuk menyukai kegiatan media luar ruang tersebut. Mulai dari hal yang kecil, seperti membiasakan anak untuk merapikan mainannya sendiri atau mengambil sendiri barang yang dia mau.

Meluangkan waktu pada akhir pekan untuk si anak belajar bersosialisasi dengan tetangga dengan bermain bola bersama menjadi langkah awal untuk mengajarkan si kecil pada gaya hidup outdoor. Selain menambah teman, kegiatan outdoor dengan teman sebaya bisa mengajarkan si anak akan kerjasama, saling menghargai, menerima perbedaan, dan lain-lain. Hal-hal tersebut akan menjadi bekal si anak pada saat dewasa nanti.

Nah Bunda, apabila si anak bermain diluar dan pulang kerumah dengan kaki tangan kotor, baiknya Bunda jangan memarahinya. Cukup arahkan si anak untuk segera membersihkan diri sebelum melakukan aktifias apapun di dalam rumah.

Gaya hidup outdoor juga harus dibarengi oleh gaya hidup sehat ya Bun. Baju atau celana si anak yang kotor sehabis main diluar bisa langsung dicuci memakai deterjen BuKrim Oxyklin Hygienis; dengan aksi ganda Oxygen Aktif dan Sinar UV, baju dan celana si anak menjadi 99,9% bersih dari bakteri dan bebas bau apek.

Yuk, kita mulai gaya hidup outdoor dari sekarang :D

Thanks for sharing !

Add comment


Security code
Refresh

latest post