SuperBunda

Tips Bunda

08 July 0 Comments by Super User 16

Bahaya Junk Food untuk Ibu Hamil

Hayoo siapa Bunda yang suka makan junk food? Bunda harus lebih berhati-hati ya, apalagi kalau Bunda sedang hamil karena ternyata, mengkonsumsi junk food berlebihan saat hamil itu berbahaya, loh Bun. Berikut ini bahayanya:

1. Meningkatkan resiko serangan jantung
2. Resiko terkena obesitas
3. Bayi lahir dengan berat badan rendah
4. Anak menjadi suka junk food secara berlebihan
5. Anak terkena alergi

Bagaimana dengan Bunda, apakah Bunda termasuk tim junk food atau tim makanan rumahan? Seringkah Bunda mengkonsumsi junk food saat hamil? Share yuk di kolom comment!

19 June 0 Comments by Super User 33

Memaksimalkan Perkembangan Anak di Usia Golden Age

Periode usia di bawah 5 tahun disebut sebagai periode golden age karena masa perkembangan anak sangat pesat dalam usia tersebut.
Bahkan, sekitar 50% kecerdasan orang dewasa mulai terbentuk di usia 4 tahun. Alangkah baiknya jika Bunda dan pasangan memanfaatkan periode tersebut dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

1. Miliki banyak peran bersama anak
Dalam usia golden age, penting sekali bagi Bunda untuk memiliki banyak peran dalam tumbuh kembang anak. Baik itu menjadi teman mainnya, menyediakan rumah yang aman bagi anak, hingga memuji anak ketika ia berhasil melakukan hal-hal baru.

2. Beri tantangan pada anak
Memberikan tantangan pada anak akan membangun rasa semangat serta percaya dirinya. Hal ini tentu berguna saat ia beranjak dewasa nanti. Ajarkan anak untuk berusaha lebih keras dengan mencoba perosotan atau ayunan di taman bermain, atau mengajaknya berjalan jauh.

3. Bermain dengan anak
Dengan bermain bersama anak, ia akan mengingat pengalaman menyenangkan bersama orangtuanya dan membawa serta emosi tersebut saat dewasa. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa balita belajar lebih baik ketika orangtua bermain bersama anaknya.

4. Hindari memberikan gadget
Memberikan gadget terlalu dini pada anak bisa membuatnya lupa waktu dan kecanduan. Daripada memberinya gadget, lebih baik habiskan waktu lebih banyak bersama anak untuk membangun ikatan emosional dan menciptakan suasana berkembang yang baik.

5. Selalu perhatikan perkembangannya .
Dalam memperhatikan perkembangan anak, Bunda juga perlu mendapatkan informasi tentang perkembangan yang ideal bagi balita. Untuk mengetahui hal tersebut, Bunda bisa bertanya kepada orang lain yang telah berpengalaman atau bergabung dengan komunitas parenting.

28 May 0 Comments by Super User 30

Menghentikan Kebiasaan Mengigit Kuku pada Anak

Kebiasaan mengigit kuku pada anak perlu segera dihentikan. Selain karena masalah kebersihan, kebiasaan ini juga dapat membuat jarinya luka dan akan semakin sulit dihentikan jika anak beranjak dewasa. Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, yuk simak beberapa cara di bawah ini:

1. Penting untuk mengetahui apa penyebab kebiasaan tersebut dan coba lah untuk mengatasinya. Apakah karena rasa bosan? Gugup? Stress Atau hal lainnya?

2. Jangan mengomeli atau menghukum anak, karena itu bukanlah tindakan yang efektif. Dengan menekan anak untuk berhenti, hal itu malah menambah stres dan memperparah kebiasaan menggigit kuku.

3. Potong kukunya dengan rapi untuk mengurangi keinginan menggigit kuku. Jangan lupa untuk menjaga tangan anak agar selalu bersih dan coba alihkan fokus anak saat ia menggigit kuku.

latest post