SuperBunda

Tips Bunda

7 LANGKAH BIKIN SI KECIL LEBIH PEDE

12 April by Super User
1107
( 0 Votes ) 
7 LANGKAH BIKIN SI KECIL LEBIH PEDE

Dear Bunda Smart, rasa percaya terhadap diri sendiri (pede) merupakan fondasi paling penting yang harus ada dalam diri setiap manusia. Dengan rasa pede, yang tidak berlebihan tentunya, akan membuat kita lebih enjoy dalam menjalani hidup. Namun, tidak setiap orang memilki rasa percaya diri yang cukup. Berbagai faktor menjadi penyebabnya, salah satunya adalah kurang ditanamkannya rasa pede sejak kecil. Nah, tentunya Bunda Smart tidak ingin putra-putrinya mengalami kesulitan di masa depan mereka nanti karena masalah kurang pede ini kan?

1. Dukung si kecil untuk menjelajah, berimajinasi, dan bereksperimen
Sebagai awalan, Bunda Smart dapat menciptakan kesempatan bagi si kecil untuk belajar dengan caranya sendirinya dan menjelajahi dunia di sekitarnya. Biarkan ia menikmati dunianya dan menyerap hal-hal tersebut. Cobalah menahan diri Bunda agar tidak berkata “Awas” terlalu sering untuk membantu putra-putri Bunda menciptakan sendiri lingkaran aman mereka.

2. Batasi diri Bunda mengatakan kata “Jangan”
Ada beberapa waktu ketika sebenarnya kata “jangan” kurang dibutuhkan, sebab dengan terlalu sering melarang akan membuat putra-putri Bunda merasa kurang pede dalam mencoba hal-hal yang baru. Tahan diri ya Bunda.

3. Pakailah kata pujian yang spesifik
Ketika kecil, segala hal pencapaian “kecil” merupakan hal besar baginya. Jadi alih-alih memujinya singkat dengan kata “Hebat”, tepuklah punggungnya atau peluk dia sambil berkata “Waw! Adek pinter sekali ya bisa nyelesein puzzle ini? Padahal susah lho.” Juga, biarkanlah si kecil tahu Bunda Smart selalu memperhatikan ia dengan mengatakan, “Makasih ya udah bantuin si Mbak tadi bawa piring kotor. Adek perhatian banget.”

4. Ajarkan mereka tentang bagaimana menciptakan tujuan
Tujuan akhir, baik jangka pendek maupun panjang, bantulah mereka untuk tetap fokus dan hargailah usaha mereka. Ingatlah untuk mendukung mereka untuk bermimpi besar.

5. Tugaskan mereka pekerjaan rumah sesuai usia
Pekerjaan rumah mengajarkan banyak hal, sense tentang kepemilikan, mengajarkan tanggungjawab, dan menciptakan rasa percaya diri pada mereka sesuai dengan aspek individu mereka. Beberapa anak membutuhkan perhatian lebih dan pengarahan, khususnya ketika tugas itu baru untuk mereka. Pada akhirnya Bunda akan menunjukkan pada mereka bagaimana cara manage diri, berikut bisa menjadi contohnya:
- “Bunda perhatikan Adek udah rapiin tempat tidur yah? Jadi rapih nih, makasih Adek. Trus gimana tuh mainan Adek di lantai? Harus diapain yah?” sambil tersenyum manis tentunya.

6. Bantulah mereka untuk menjadi seorang Komunikator yang pede
Cara yang baik untuk membantu meningkatkan rasa pede putra-putri Bunda adalah dengan membiarkan mereka berbicara di depan umum. Mungkin untuk awalnya tidak perlu langsung “menerjunkan” mereka ke lapangan. Tetapi latihan pura-pura di rumah dapat akan menjadi langkah awal yang baik. Ingat bahwa setiap anak memiliki daya imajinasi yang sangat besar, kitalah yang dengan sadar tidak sadar membatasinya.

7. Jadilah Bunda Smart yang pede!
Terakhir tetapi yang paling penting adalah ini: jadilah Bunda yang pede. Anak-anak merupakan peniru alami. Ibarat cermin, jadi mereka akan meniru jauh lebih baik figur Bunda yang pede dibanding hanya sekedar diberitahu cara menjadi pede. Bunda adalah ibu yang baik, percayalah pada diri sendiri.

Demikian tips dari Total kali ini, terimakasih Bunda Smart yang pede .

Last modified on Tuesday, 12 April 2016 09:14
Thanks for sharing !

Add comment


Security code
Refresh

latest post