SuperBunda

Tips Mencuci

CARA MENJAGA PAKAIAN AGAR TERLIHAT SEPERTI BARU

12 April by Super User
1023
( 0 Votes ) 
CARA MENJAGA PAKAIAN AGAR TERLIHAT SEPERTI BARU

shopping pakaian baru?

Bunda Smart, siapa sih yang bisa menolak baju baru? Pasti menyenangkan untuk memilih-milih baju dengan beragam ragam model paling baru. Tapi,kalau kita menghabiskan terlalu banyak uang untuk membeli baju baru, tentunya hal tersebut bukanlah hal yang smart untuk dilakukan. Oleh karena itu, merawat pakaian yang kita miliki sebaik mungkin untuk memperpanjang masa ketahanannya (durabilitas) akan menjadi hal yang bijaksana untuk dilakukan.

Kali ini, kami akan memberikan sedikit tips untuk merawat pakaian sehingga tetap terlihat seperti baru. Bila kita tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin pakaian akan mudah berubah warna dan terlihat “lapuk” hanya dalam waktu sebulan atau dua bulan. Tetapi, bila kita telaten dan berkomitmen untuk selalu menjaga pakaian kita dengan hati-hati, Bunda akan dapat melihat perbedaannya.
Simak ya, Bunda Smart.

1. Cuci bagian dalam, di luar
Apakah Bunda Smart pernah memperhatikan bahwa bagian dalam pakaian kita dibuat berbahan lebih kuat dibanding bagian luarnya? Dengan membalikkan bagian dalam pakaian di luar dan mencuci bagian tersebut, akan melindungi pakaian dari memudarnya warna dan akan menjaga bentuk dari pakaian tetap terjaga dan terlindung nantinya dari mesin cuci. Bahkan, hal ini sangatlah penting terutama untuk bahan seperti denim dan celana. Bunda Smart juga perlu untuk membalik pakaian yang berhiaskan manik-manik, print, atau hiasan lain untuk melindungi mereka agar tetap utuh saat mencuci.

2. Lindungi yang berbahan lembut
Gunakan misalnya, sarung bantal sebagai tempat untuk kaus kaki, pakaian dalam dan satukan dengan cucian lain berukuran kecil dan rentan robek atau rusak. Letakkan semuanya dalam satu tempat dan ikat. Kemudian cucilah semuanya bersama dengan cucian lain yang berukuran lebih besar. Dengan cara ini Bunda Smart dapat melindungi mereka bergesekan dengan cucian lain yang berbahan lebih kasar dan berukuran lebih besar.

3. Kancingkan semua kancing dan tutup semua ritsleting
Luangkan waktu sebentar untuk mengancingkan semua kancing baju dan menutup semua ritsleting sebelum Bunda Smart memasukkan cucian ke mesin cuci. Ini akan mencegah ritsleting tersangkut pada cucian lain serta mencegah ada kancing yang hilang. Mungkin hal ini kurang diperlukan bertahun lalu saat satu-satunya yang butuh untuk ritsleting adalah celana jeans, tapi sekarang ini ritsleting hadir dimana- mana sebagai hiasan. Jadi meskipun butuh usaha ekstra pastikan Bunda tidak melewatkan mereka.

4. Gunakan detergen lembut tapi tidak terlalu banyak
Menggunakan terlalu banyak detergen ketika mencuci adalah salah satu kesalahan umum yang paling sering dilakukan saat mencuci. Perhatikan petunjuk yang ada di kemasan dan gunakan lebih sedikit daripada itu. Terlalu banyak menggunakan sabun akan meninggalkan bekas di pakaian. Cara terbaik adalah gunakan detergen yang tidak terlalu keras, dan tidak terlalu banyak.

5. Beri jarak yang cukup pada pakaian Anda di lemari
Pastikan Bunda Smart untuk meluangkan waktu merapikan baju-baju yang digantung di lemari dan memberi jarak yang cukup di antaranya. Menjejalkan pakaian di dalam lemari atau menggantung pakaian terlalu rapat dengan yang lain akan membuat kerutan dan lipatan yang tidak diinginkan, dan bila menyetrika terlalu sering akan mempendek masa durabilitas mereka secara dramatis. Rahasianya adalah bagaimana membuat menjaga mereka agar tidak terlalu kusut saat di lemari.

6. Denim- Kuranglah mencuci mereka (atau tidak sama sekali)
Terlalu sering mencuci jeans akan memperpendek umur mereka. Seperti dikutip dari dailymail.co.uk, bos celana jeans bernama Tommy Hilfiger mengatakan tidak pernah mencuci celana jeans favoritnya. Pesohor lain seperti Anderson Cooper menguatkan pendapat “jeans tidak perlu dicuci” saat mengaku bahwa ia mencuci jeansnya 6 bulan sekali hanya dengan menggunakannya saat mandi. Mungkin hal ini terdengar terlalu ekstrim untuk Bunda lakukan. Namun bila ingin mempertahankan warna jeans lebih lama Bunda bisa mencucinya sedikit lebih jarang. Tidak perlu harus mencucinya langsung setelah sekali pakai bila tidak sangat kotor. Cukup dengan membalik jeans dan mengangin-anginkannya. Atau dengan cara lain seperti disadur dari babble.com, ketika jeans terasa kotor, lipat dan masukkan dalam kantong plastik rapat-rapat dan masukkan dalam freezer selama beberapa hari. Temperature freezer yang sangat rendah akan membunuh bakteri, menghilangkan bau, dan dalam suatu cara akan membuat mereka terasa lebih fresh.

Demikian tips kali ini yang bisa kami share untuk Bunda Smart. Cobalah lakukan secara rutin, besar kemungkinan Bunda Smart akan menyukai hasilnya nanti.

Last modified on Tuesday, 12 April 2016 09:17
Thanks for sharing !

Add comment


Security code
Refresh

latest post